Mengenai Saya

Foto saya
Hai sobat-sobat terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus, Selamat bergabung dalam Blog Catatan Khotbah Kristen, Catatan Kesaksian Harian dan Catatan Sekolah Minggu. Kami juga mengundang Saudara/i untuk tergabung dalam Facebook Diberkati N Memberkati (Sebuah forum untuk kita saling berbagi berkat, kesaksian, pengalaman dalam Tuhan Yesus, menguatkan & dikuatkan satu sama lain, semua untuk kemuliaan-NYA). Tuhan Yesus Memberkati dan Mengasihi Saudara/i :) Bagi Saudara/i yang rindu untuk menghubungi kami, baik untuk memberikan kesaksian/ memerlukan dukungan Doa, silahkan e-mail ke: diberkatinmemberkati@gmail.com - (Jesus Christ is my All in All... He is Real... He Loves Us So Much.... Yohanes 14 : 6, Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 3:16, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Tuhan Yesus Kristus) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal).

Senin, 18 Februari 2013

Teman Hidup

Ada dua keputusan yang paling penting dalam hidup manusia. Pertama, keputusan untuk menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Kedua, keputusan untuk memilih teman hidup. Memilih teman hidup adalah hal yang sangat penting dan berdampak seumur hidup. Tetapi banyak orang yang tidak tahu cara memilih teman hidup.

Beberapa pedoman yang perlu kita perhatikan dalam memilih teman hidup:

1. Tingkat kesehatan emosi kita sebelum menikah. Kebahagiaan dalam pernikahan biasanya tidak akan melebihi kebahagian dari pasangan yang paling tidak bahagia. Misalnya, bila ada seorang wanita yang tidak dapat menerima dirinya sendiri dengan baik, maka kemungkinan besar kelak pernikahannya tidak akan lebih bahagia daripada dia.

2. Pilihlah pasangan yang memiliki banyak persamaan. Semakin banyak perbedaan, semakin lama pula proses penyesuaian dan adaptasi.

3. Hindari hubungan seksual sebelum menikah. Hubungan seksual sebelum menikah menghalangi keobjektifan kita terhadap pasangan kita. Bila hubungan sudah terlalu dalam, maka kemungkinan besar kita akan mengabaikan karakter buruk dari pasangan kita walaupun hal itu mengganggu kita.

4. Jangan tergesa-gesa menikah. Ambil waktu secukupnya untuk mengenal pasangan kita dengan baik. Kenalilah karakternya, kemarahannya dan kelemahannya. Jangan menikah dengan pengharapan bahwa ia akan berubah setelah menikah. Bila kita tidak dapat toleran dengan karakternya sekarang, tidak ada jaminan kita akan dapat toleran setelah menikah.

5. Miliki komunikasi yang terbuka. Komunikasi adalah kunci keberhasilan suatu pernikahan. Bila kita bisa berkomunikasi dengan baik, maka masalah besar dapat menjadi kecil. Oleh karena itu, kebiasaan berkomunikasi dengan baik perlu dilatih jauh sebelum menikah.

Berikutnya, perhatikan juga pergaulan kita.

1 Korintus 15:33
Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Pergaulan yang buruk dapat merusak kebiasaan yang baik dan pergaulan yang baik dapat mengubah kebiasaan yang buruk. Pergaulan kita dapat menentukan masa depan dan kesuksesan kita. Raja Salomo adalah orang yang dipilih Tuhan untuk mendirikan bait Allah, tetapi mengalami kejatuhan pada akhir hidupnya karena ia salah bergaul. Walaupun Tuhan memberkatinya dengan hikmat yang luar biasa, tetapi ia tidak menjaganya dengan baik. Ia tertarik dan bergaul dengan wanita-wanita yang tidak mengenal Tuhan dan akhirnya mengikutiilah-ilah mereka.

Kita perlu berhati-hati dalam memilih teman, terutama teman hidup, sebab kemungkinan besar bahwa teman dekat kita akan mempengaruhi hidup kita. Sebelum kita memutuskan untuk berteman akrab dengan seseorang atau sekelompok orang, perhatikanlah kehidupan dan kebiasaan mereka. Apakah kita mau hidup sama seperti mereka? Kitab Mazmur berkata bahwa orang yang berbahagia adalah orang yang tidak berjalan, berdiri, atau duduk dengan kumpulan orang fasik, tetapi yang kesukaannya adalah firman Tuhan dan yang merenungkan firman Tuhan siang dan malam.

(Sumber: Rekan Facebook Diberkati N Memberkati, Handrie Goenarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.